ABI II Jadi Trending Topic dan Pemberitaan Dunia - Jurnal Ummah
Load more

ABI II Jadi Trending Topic dan Pemberitaan Dunia

Shares ShareTweet

Demonstrasi damai yang dilakukan umat Islam dalam 'Aksi Bela Islam II' pada 4 November 2016, menjadi trending topic dunia.
JAKARTA -- Demonstrasi damai yang dilakukan umat Islam pada 4 November 2016 kemarin menjadi trending topic dunia. Bahkan, unjuk rasa 'Aksi Bela Islam II tersebut menjadi pemberitaan hampir seluruh media massa besar di dunia.

Para warganet menggunakan tagar #aksidamai411 untuk menyampaikan pesanya.

"Saya #belaquran karena saya ingin suatu hari nanti Alquran membela saya di akhirat," tulis salah seorang warganet, F.Hani M dengan ikut menambahkan tagar #aksidamai411.

"Allahuakbar ... umat Islam bersatu #aksidamai411," tulis akun Maulana.

Salah seorang akun lain yang mengaku dari Malaysia ikut mendukung demonstrasi damai di Jakarta. "From malaysia and i support may everything ease by Allah," tulis akun Kopi.

Sementara akun Vitaa memuji salawat yang dibacakan polisi saat demonstrasi berlangsung. "Yaa Allah merinding denger lantunan asmaul husna para pak polisi ini."


Sementara itu, media massa besar di dunia seperti The Washington Post, New York Times, Aljazeera, dan lain-lain juga memberitakan kejadian ini dengan berbagai macam framing.
Sejumlah media massa besar di dunia menjadikan peristiwa demonstrasi damai pada 4 November 2016 kemarin sebagai salah satu topik utama pemberitaan dengan framing yang berbeda-beda.
Umumnya media massa Barat memberitakan kejadian ini secara bias dan tidak berimbang, dengan menekankan bahwa yang melakukan demonstrasi adalah umat Islam garis keras dan hanya diikuti demonstran tak lebih dari 20 ribu pengunjuk rasa. Selain itu, Gubernur Ahok juga disetting seperti seseorang yang tertindas dari kelompok minoritas Kristen.

Sebaliknya, media massa Asia seperti Bernama dari Malaysia dan negara Asia lainnya masih memberitakan peristiwa ini dengan penyampaian yang cukup berimbang dan objektif.

Padahal, sejatinya aksi damai 4 November yang dihadiri hampir dua juta demonstran tersebut merupakan buntut dari dugaan kasus penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Mereka menuntut Ahok segera diproses hukum dengan adil, jujur dan profesional. (*JU)

Tags

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Shares ShareTweet
advertisement centil

Jurnalummah.com adalah portal berita dan informasi seputar dunia Islam dari dalam dan luar negeri.Seluruh materi dalam situs Jurnalummah.com bebas copy untuk keperluan non-komersial dan referensi, dengan mencantumkan sumbernya (Jurnalummah.com). Anda bisa turut berpastisipasi dengan mengirimkan informasi, berita, artikel dan opini untuk dipublikasikan non komersial.

Editor Picks

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER