Komnas HAM: Aksi Bela Islam Demonstrasi Paling Bermartabat di Dunia - Jurnal Ummah
Load more

Komnas HAM: Aksi Bela Islam Demonstrasi Paling Bermartabat di Dunia

Shares ShareTweet

Demonstrasi 'Aksi Bela Islam II' tercatat menjadi aksi unjuk rasa terbesar paling damai di dunia. Baik para pengunjuk rasa maupun aparat kepolisian dan TNI saling menjaga dan saling menghargai agar dapat menciptakan suasana demonstrasi yang lebih damai dan sejuk. (istimewa)
"Saya, dan mungkin siapa pun, yang menyaksikan lautan manusia hari ini di sekitar Monas dan Istana Medan Merdeka, pasti merinding. Muslim Indonesia telah mencontohkan pelaksanaan demonstrasi secara bermartabat,"
JAKARTA -- Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Maneger Nasution mengamati langsung Aksi Bela Alquran 4 November. Menurut dia, dunia kemanusiaan berterima kasih kepada umat Islam Indonesia.

"Saya, dan mungkin siapa pun, yang menyaksikan lautan manusia hari ini di sekitar Monas dan Istana Medan Merdeka, pasti merinding. Muslim Indonesia telah mencontohkan pelaksanaan demonstrasi secara bermartabat," ujarnya, Jumat (4/11).

Dia melihat tidak ada kekerasan, ujaran kebencian, diskriminasi, nyaris tidak meninggalkan sampah, dan tidak ada fasilitas publik atau taman yang rusak. "Inilah demo termartabat dan terbesar pascareformasi," kata dia.


Maneger menyampaikan terima kasih kepada publik yangg mendukung jalannya penyampaian pendapat. Dia juga berterima kasih pada Polri dan TNI yang mengedepankan persuasi hari ini. Termasuk para polisi wanita dan Pasukan Asmaul Husna.

Maneger berharap Presiden Jokowi meskipun lebih memilih melihat kereta api Bandara Soekarno-Hatta ketimbang menemui lautan rakyatnya sendiri, semoga dia tetap konsisten dengan komitmen yang pernah ia ucapkan kepada tokoh-tokoh masyarakat beberapa waktu lalu. 


Untuk aparat Kepolisian, diminta mengikuti perintah Wakil Presiden RI Jusuf Kalla untuk menuntaskan kasus yang diduga penistaan agama oleh Ahok secara cepat, berkeadilan, terbuka dan tegas dalam dua pekan.(*JU)

Sumber: Republika.co.id

Tags

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Shares ShareTweet
advertisement centil

Jurnalummah.com adalah portal berita dan informasi seputar dunia Islam dari dalam dan luar negeri.Seluruh materi dalam situs Jurnalummah.com bebas copy untuk keperluan non-komersial dan referensi, dengan mencantumkan sumbernya (Jurnalummah.com). Anda bisa turut berpastisipasi dengan mengirimkan informasi, berita, artikel dan opini untuk dipublikasikan non komersial.

Editor Picks

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER