Menghina Islam, Ge Pamungkas dan Joshua Dilaporkan ke Polisi - Jurnal Ummah
Load more

Menghina Islam, Ge Pamungkas dan Joshua Dilaporkan ke Polisi

Shares ShareTweet

Ge Pamungkas dan Joshua Suherman, tersandung kasus hukum. Sejumlah masyarakat dan ormas Islam melaporkan kedua komika tersebut karena dianggap telah menghina dan melecehkan agama Islam dalam lawakannya. (Foto: Facebook)
“Besok saya selaku ketua FUIB dan jajaran akan datang ke Bareskrim Mabes Mabes Polri pukul dua siang untuk melaporkan kasus ini,”
JAKARTA -- Dunia maya dan Media sosial Indonesia dalam beberapa hari ini dihebohkan dengan beredarnya rekaman pelecehan dan menghinaan terhadap agama Islam. Tindakan penistaan agama pertama dilakukan oleh artis sekaligus komika, Ge Pamungkas. 

Ge diduga telah melecehkan agama saat menyampaikan materi stand up comedy atau komika tunggal. Karena perbuatannya tersebut, jebolan SUCI 2 itu akan dilaporkan ke polisi.

Pelaporan dilakukan oleh tim koordinator pelaporan bela Islam (Korlabi). Rencananya, Korlabi akan membuat laporan di Bareskrim Polri, Rabu (10/1) besok. "Insya Allah, besok (Rabu)," ujar Tim Korlabi, Habib Novel Chaidar Hasan Bamukmin seperti dilansir Republika, Rabu (9/1).

Ge Pamungkas melakukan stand up comedy tersebut dalam sebuah acara promosi film. Berikut ini penggalan materi stand up comedy Ge Pamungkas yang dianggap telah melecehkan agama.

"Twitter sekarang (isinya) sudah politik, agama, politik, agama, sudah engga asik lagi. Nih, dulu nih Jakarta banjir, apa coba netizen-netizen itu? Wih, Jakarta banjir. Ini gara-gara ini. Ini adalah azab kita punya gubernur."
Ucapan Ge ini langsung disambung gelak tawa penonton dalam acara tersebut. Ge melanjutkan lawakannya dan kembali melontarkan lelucon bernuansa SARA.
"Nih, potong kuping gue. Nih, sekarang Jakarta banjir, beda omongannya. Wah, ini adalah cobaan dari Allah SWT. Ini cobaan. Sesungguhnya Allah akan memberikan cobaan kepada orang yang Dia cintai. Cintai apaan? Itu ada genangan, cobaan. Stress banget gue."
Belum usai kasus Ge Pamungkas, warganet kembali heboh. Joshua Suherman mantan penyanyi cilik Indonesia yang dulu dikenal dengan lagu "diobok-obok", juga ikut melecehkan Islam saat sedang tampil. Joshua dikecam keras oleh publik Indonesia khususnya para netizen, terkait materi stand up comedy-nya yang mengandung suku, ras, agama dan antargolongan (SARA).

Kejadian bermula saat Joshua melakukan roasting (menyindir dengan lelucon) kepada mantan personil Cherybelle, Cheryl Juno, yang membawa unsur agama Islam dalam jokesnya.

Ge Pamungkas dalam stand up comedy yang berisi ujaran bernuansa SARA. (Foto: Facebook)
Aksi Stand Up Comedy Joshua direkam oleh akun Majelis Lucu dan diunggah ke channel YouTube nya pada Kamis (5/10/2017) lalu. Video Joshua ini sekarang viral ramai di sosial media. Dalam video itu, Joshua mengatakan:
"Kenapa Anisa selalu lebih unggul dari Cherly (cherrybelle)? Padahal skill nyanyi tipis-tipis, cantik relatif. Tapi kenapa Annisa selalu lebih unggul? Ah.. Sekarang gw ketemu jawabannya. Makanya Che (Cherly), Islam. Kalau mau menang jadi orang Islam!"
Penonton pun tertawa terbahak-bahak. Tidak cukup sampai disitu, Joshua lantas melanjutkan lawakan bernuansa SARA;
"Karena... di Indonesia ini, ada satu hal yang tidak bisa dikalahkan dengan susah payah apapun: MAYORITAS," 
kata Joshua sambil tertawa. Tak hanya Joshua, salah satu pria dalam video tersebut bahkan secara lantang mengatakan "Allahu Akbar" sebagai bahan ledekan dan candaan.

Karena tindakannya tersebut, Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) akhirnya memutuskan akan melaporkan Joshua ke polisi karena dianggap telah melecehkan dan menghina agama Islam.

“Besok saya selaku ketua FUIB dan jajaran akan datang ke Bareskrim Mabes Mabes Polri pukul dua siang untuk melaporkan kasus ini,” ungkap Rahmat Himran selaku ketua umum FUIB.

Setidaknya hingga kini, video penghinaan dan pelecehan agama Islam yang dilakukan Ge Pamungkas dan Joshua, menjadi viral di media sosial. Para warganet mayoritas mengecam tindakan tak beradab yang dilakukan kedua artis tersebut. Tidak sedikit para netizen mendesak pihak kepolisian melakukan tindakan hukum atas perbuatan yang menginggung SARA tersebut.

Ge Pamungkas dan Joshua Minta Bantuan LBH Ansor


Menanggapi arus kecaman dan konsekuensi hukum yang akan mereka terima, Ge Pamungkas dan Joshua bukannya langsung meminta maaf dan melakukan konfirmasi untuk meredakan situasi dan amarah umat Islam, mereka justru semakin memperluas kasus ini dengan mendatangi Lembaga Bantuan Hukum sebagai aksi tandingan.

Selasa (8/1) malam Joshua Suherman terlihat mendatangani sekertariat Gerakan Pemuda Ansor di Jakarta Pusat. Hal ini dibenarkan oleh Achmad Budi Prayoga yang merupakan ketua LBH Ansor. 


Achmad menjelaskan kedatangan Joshua dan Ge Pamungkas untuk berbagi cerita dan meminta saran dan masukan terkait kabar yang mengatakan dirinya akan dilaporkan ke polisi terkait video viralnya.

“Benar semalam Joshua Suherman, Ge Pamungkas dan rekan-rekan dan manajernya silaturahmi dengan para pimpinan pusat GP Ansor dan beberapa pimpinan LBH GP Anshor,Mereka diskusi soal stand up comedy dan terkhusus apa yang mereka alami akhir-akhir ini," ujar Achmad, seperti dilansir Tabloidbintang.com, Rabu (9/1).

Achmad mengatakan bahwa kedatangan Joshua Suherman ke sana juga sekaligus meminta didampingi oleh LBH Ansor apabila ada masalah hukum. “Joshua dan kawan-kawan meminta bantuan hukum ke LBH Ansor untuk didampingi," ujar Achmad.(*JU)

Tags

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Shares ShareTweet
advertisement centil

Jurnalummah.com adalah portal berita dan informasi seputar dunia Islam dari dalam dan luar negeri.Seluruh materi dalam situs Jurnalummah.com bebas copy untuk keperluan non-komersial dan referensi, dengan mencantumkan sumbernya (Jurnalummah.com). Anda bisa turut berpastisipasi dengan mengirimkan informasi, berita, artikel dan opini untuk dipublikasikan non komersial.

Editor Picks

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER